Langsung ke konten utama

Esensi dan Urgensi Identitas Nasional sebagai salah satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter.



 BAB II

Esensi dan Urgensi Identitas Nasional sebagai salah satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter.

A.      Menelusuri Konsep dan Urgensi Identitas Nasional
Apa itu Identitas Nasional ?
Identitas Nasional dibentuk oleh dua kata dasar, “Identitas” dan “Nasional”. Identitas berasal dari kata “Identity” dalam Bahasa inggris. Menurut KBBI Identitas berarti ciri – ciri atau keadaan khusus seseorang atau jati diri.
Contoh dari Identitas :
-          KTP
-          ID Card
-          SIM
-          KP
-          KTM
-          NPWP
NPWP merupakan tanda pengenal dari wajib pajak bagi warga negara Indonesa.
Nasional “national” (Inggris). Nasional berarti bersifat kebangsaan atau berasal dari bangsa sendiri (KBBI). Identitas nasional memiliki arti jati diri yakni kebangsaan yang membedakan bangsa Indonesai dengan bangsa lainnya.
Contoh dari Identitas Nasional : UUD RI 1945
-          Bendera negara
-          Bahasa negara
-          Lambing negara
-          Lagu kebangsaan
Yang diatur dalam UU RI No. 24 tahun 2009.
Identitas Nasional terliteratur dalam buku adanya soedarsono (2002) yang berjudul character building (membentuk watak). Dalam buku tersebut menjelaskan bahwa jati diri merupakan lapis pertama yang nantinya menentukan karakter dan kepribadian seseorang jati diri bangsa Indonesia barupa Pancasila dan UUD 1945

Konsep dan Urgensi Identitas Nasional

Konsep ini dibahas secara luas dan mendalam oleh Tildar (2007) dalam buku yang berjudul meng Indonesia Etnisitas dan identitas bangsa Indonesia.
Konsep identitas nasional dalam arti jati diri bangsa dapat ditelusuri dalam buku harya katian (2002) yang berjudul Filsafat Pancasila. Jati diri adalah nilai – nilai yang merupakan hasil buah pikiran dan gagasan dasar bangsa Indonesa tentang kehidupan yang dianggap baik seperti watak, corak dan ciri masyarakat Indonesia
Jati diri bangsa indonesai adalah Pancasila yang dimaknai sebagai kepribadian (sikap dan perilaku) menurut Kaelan dalam bukunya.

Hakikat – arti yang sebenarnya
Sensi – kenyataan
Urgensi – keadaan mendesak  vgk mim78mjjt667jum

Komentar